Katongan

Tradisi Ruwahan Nyambut Sasi Poso

Warto Deso – Selasa, 1 Mei 2018 – Katongan – Kemeriahan menyambut bulan ramadhan tak hanya dikota kota besar, dihampir pelosok pedesaanpun mulai hari ini telah ramai perayaannya yaitu berupa tradisi ruwahan dengan adat kenduri (kondangan : jawa).

Warga masyarakat membawa nasi (sego : jawa) dan lauk pauk berupa ayam atau telur, tempe dan tahu, srondeng, ditambah kerupuk dan peyek, semuanya dibungkus dengan kain corak batik kemudian dikumpulkan di balai Padukuhan, lalu dilanjutkan doa bersama yang dipimpin mudin atau kaum setempat.

Memang ada perbedaan pandangan dimasyarakat mengenai kondangan dan ruwahan, semua kembali kepada keyakinan masing-masing. Masyarakat Katongan memiliki toleransi yang tinggi mengenai hal itu dan mereka saling hormat menghormati. Tidak ada paksaan, bagi warga yang berpandangan hal itu melestarikan tradisi dan budaya maka tetap melaksanakannya, namun yang berpandangan lain maka tidak melaksanakannya.

Mari menyambut bulan ramadhan dengan kesucian hati serta memperbanyak ibadah wajib dan sunnah sehingga saat ramadhan nanti kita menjadi pribadi yang semakin meningkat nilai iman dan taqwanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *