Katongan

Kunci Sukses !

Warto Deso – Rabu, 28 Maret 2018 – Wonosari – Pelatihan BumDes untuk kedua desa yaitu dari Katongan Nglipar dan Rejosari Semin berlanjut hari ini dan Hotel Cyka Raya masih sebagai tempat seminarnya. Makin banyak ilmu yang diberikan oleh Cecep Ernanto MK, C.H., C.Ht. selaku Narasumber dari Holistika Institute Indonesia dan Lampu Desa; Lembaga Mitra Pengembangan Usaha Desa.

Beliau menjelaskan mengenai analisa SWOT; yaitu Kekuatan, Kelemahan, Tantangan dan Peluang. Kemudian diajarkan tentang Bisnis Plan; bisnis model canvas, perencanaan umum yang meliputi area coverage dan alur kerja serta tenaga kerja, analisa keuangan. Peserta selanjutnya diajak ptaktik mengisi lembar kerja identifikasi kegiatan yang meliputi data kegiatan, identifikasi kegiatan, identifikasi langkah. Diteruskan identifikasi kelengkapan administrasi dan catatan harian kendala serta solusi.

Sesi terakhir dibuat dua kelompok, BumDes Katongan dan Rejosari masing masing harus memetakan potensi usaha prioritas. Langkah berikutnya diterangkan mengenai unit usaha prioritas yang bisa dikelola BumDes; yaitu unit usaha perdagangan, unit usaha produksi, unit usaha pertanian dan selanjutnya sesuai potensi ditiap desa.

(Foto dokumen Media Desa)

Selesai acara dilanjutkan kunjungan ke masing masing desa, Rejosari Semin dulu yang menjadi tujuan lokasi Kemudian diteruskan ke Katongan Nglipar. Diskusi berlanjut disitu, banyak dialog dan pertanyaan yang diajukan peserta lalu dijawab langsung oleh narasumber dan diberikan solusinya. Kedepannya PALUMA masih akan melakukan bimbingan dan pendampingan ke tiap unit usaha BumDes untuk memastikan keberhasilan pengelolaannya agar bisa sesuai visi dan misi BumDes sebagai badan usaha milik desa yang orientasinya demi kesejahteraan warga masyarakat dan kemajuan desa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *