Katongan

Diskusi fokus Terbatas

Wartodeso,Katongan 1 november 2018.Program PALUMA membangun ketangguhan di Indonesia : memadukan inklusi dan manajemen resiko dalam pembangunan ekonomi perdesaan di Desa Katongan mulai membuahkan hasil. Utamanya dalam menggerakkan ekonomi warga melalui pengembangan BUMDesa. BUMDesa yang dibentuk akhir tahun lalu perlahan mulai menjalankan usaha – usaha untuk melayani kebutuhan warga desa. BUMDesa juga memberikan pelatihan-pelatihan kepada kelompok-kelompok usaha masyarakat dengan dana program. Harapanya kelompok-kelompok usaha tersebut nantinya akan menjadi unit-unit usaha BUMDesa bisa meningkatkan pendapatan masyarakat dan desa.

Keberhasilan yang telah dicapai akan ditulis menjadi buku pembelajaran.Guna mengumpulkan bahan penulisan buku dokumen pembelajaran, Perkumpulan Desa Lestari menggelar fokus group discussion (FGD) di Balai Desa Katongan. Diskusi menghadirkan perwakilan Pemdes, BPD, Relawan, Media Warga dan perwakilan kelompok penerima manfaat program.

Eko Sujatmo, Tim Penulis Buku Desa Lestari mengatakan pembelajaran atau praktik-praktik baik yang sudah dilakukan akan didokumentasikan menjadi buku dan film. Di akhir program nanti targetnya buku dan film sudah jadi sehingga bisa dibaca dan dilihat oleh siapapun. “ada pengetahuan individu, pengetahuan lokal yang bisa menjadi pengetahuan bersama, nanti bisa dituliskan”ujarnya saat membuka acara FGD.

Wawan Gunarjo, Kasi Pelayanan Desa Katongan turut hadir dalam FGD mengemukakan Program PALUMA turut berkontribusi dalam membangun desa. Khususnya dalam pengembangan BUMDesa dan pengorganisasian warga penyandang disabilitas.”Pemdes menyambut baik Program Paluma, cukup membantu pemerintah dalam pemberdayaan masyarakat” katanya.

Suprihartini, perwakilan kelompok penerima manfaat program berharap PALUMA dapat memberikan pendampingan terhadap usaha-usaha kelompok. Selama ini kelompok-kelompok menghadapi kendala pemasaran. “kelompok kami bisa difasilitasi PIRT dan dicarikan market yang lebih luas” kata perempuan yang juga Kepala Dusun Nglebak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *