BumDes harus mapan Dan mbangun deso !

Katongan

Warto Deso – Selasa, 27 Maret 2018 – Wonosari – Paluma Nusantara mengadakan seminar, pelatihan kepada pengurus BumDes dan unit Usaha BumDes dari Desa Katongan Nglipar dan Desa Rejosari Semin, Gk. Hotel Cyka Raya Wonosari terpilih sebagai tempat pertemuannya, acara dibuka manager area Gunungkidul Retno Kadarsih, S.I.P dilanjutkan bimbingan langsung dari Cecep Ernanto MK pakar UMKM dan BumDes dari Garut, Jawa Barat.

Pengalaman beliau selama jadi Pendamping Program Pusat Inovasi-UMKM Kementerian Perekonomian, praktisi UMKM dan eksportir ditularkan disini. Kemudian langkah langkah pendirian BumDes mulai diberikan, ternyata mindset selama ini sudah salah besar dimana banyak BumDes yang menggantungkan langkah awal pada penyertaan modal, padahal paling utama atau prioritas adalah masalah :

1. Perencanaan Pemasaran, produk atau potensi apa yang diminati pasar.

2. Perencanaan Produksi, unit usaha apa yang mampu memproduksinya.

3. Perencanaan SDM, siapa yang mampu mengelola unit usaha itu.

4. Perencanaan Sistem Keuangan, kejelasan alur pencatatan keuangan dari pemasukan, pengeluaran , proses produksi dan keuntungannya.

5. Manajemen, pengelolaan yang baik dan ideal dari BumDes Dan Unit Usahanya.

6. Hukum, badan hukum yang menaungi atau melindungi BumDes dan unit Usahanya.

Semua materi sangat menarik karena disampaikan lewat permainan kelompok, disitu peserta dihadapkan pada permasalahan yang harus segera diselesaikan secara bersama sama. Masalah kenapa BumDes gagal juga dikupas semua disini, lalu diberikan solusinya. Acara berlangsung 2 hari, dan akan berlanjut esok hari Rabu, 28 Maret 2018.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *