Bersih Desa Katongan Terapkan Protokol Kesehatan

Budaya Katongan

Warto Deso 29 Juli 2020 Kalurahan Katongan laksanakan tradisi tahunan bersih desa atau sering disebut rasulan. Jumawan selaku Lurah Katongan menyampaikan Rasulan atau bersih desa merupakan tradisi turun temurun yang harus kita lestarikan agar tidak hilang tetapi karena kondisi saat ini yang masih terjadi pandemi covid-19 maka acara ini harus menyesuaikan atau mematuhi protokol kesehatan pencegahan covid-19 . Sehingga acara bersih desa atau rasulan tahun ini tidak semeriah tahun-tahun sebelumnya

Sukamto Selaku Penewunu Nglipar menyampaikan hal senada bahwa acara bersih desa ini adalah tradisi yang sudah turun-temurun dari nenek moyang dan merupakan cara atau media medekatkan diri kepada tuhan namun karena saat ini masih terjadi pandemi covid-19 acara seperti ini dan sebentar lagi perayaan HUT kemerdekaan Republik Indonesia jangan sampai melibatkan atau mengumpulkan orang banyak karena berpotensi terjadi penyebaran covid-19.

Chairul Agus mantara atau yang lebih akrab dipanggil Agus Mantara selaku Kepala Bidang Pelestarian Warisan dan Nilai Budaya Unda Kabudayaan menyampaikan mulai bulan Augustus acara atau Kegiatan kebudayaan akan mulai dilaksanakan lagi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Agus mantara juga berpesan agar potensi kebudayaan yang ada dimasyarakat lebih ditingkat dan Unda Kabudayaan Kabuputen Gunungkidul siap membantu hal tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *